Fakultas Ekonomi Bisnis Islam

IAIN Padangsidimpuan

Tingkatkan Kualitas Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Gelar S.E.A Championship FORSABI

S.E.A Championship FORSABI 2017 (Dok. FORSABI FEBI )

Dengan persaingan bisnis yang semakin ketat, pelaku bisnis tentu akan memilih SDM dengan berbagai skill atau kemampuan daripada SDM yang hanya memiliki kemampuan yang biasa saja seperti pada umumnya. IAIN Padangsidimpuan sebagai sebuah institusi pendidikan Islam di Indonesia tidak mau tinggal diam. Tahun 2017 ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam melalui FORSABI (Forum Bahasa FEBI) kembali menggelar berbagai lomba untuk mengukur kemampuan berbahasa asing yaitu Inggris dan Arab dari mahasiswa semester 3 yang baru saja selesai dari program Ma’had.

“jumlah yang banyak jika tidak diiringi kualitas, hanya akan jadi gerombolan saja” – Fatahuddin Aziz Siregar (Dekan FEBI IAIN Padangsidimpuan)

Seperti diketahui, Rektor IAIN Padangsidimpuan, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar,MCL telah beberapa tahun ini sukses menjalankan program Ma’had dimana mahasiswa tahun pertama wajib tinggal di asrama dengan dikhususkan belajar bahasa Inggris dan Arab. Menyambut dan menindaklanjuti program Ma’had tersebut, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam atau yang dikenal dengan nama FEBI langsung membentuk sebuah forum bahasa, yang sudah berjalan sejak tahun 2016.

S.E.A Championship atau Spoken English Arabic Championship dari FORSABI ini disambut baik oleh berbagai pihak terutama mahasiswa FEBI sendiri. Hal itu dapat dilihat dari tingginya antusias mahasiswa dalam mendaftarkan diri dan mengikuti berbagai lomba yang diadakan.  Tercatat jumlah mahasiswa yang mendaftar sebanyak 141 orang.

Berbeda dengan tahun yang lalu, dimana lomba yang diselenggarakan FORSABI meliputi : lomba debat lomba menulis artikel dalam bahasa Inggris dan Arab, lomba foto dan lomba membuat majalah dinding (mading) bertema ekonomi dan bisnis Islam. Tahun 2017 ini, FORSABI menggelar lomba debat tanpa lomba foto dan lomba mading, namun menambah dua lomba lagi yaitu lomba syahril Quran dan lomba storytelling dalam bahasa Inggris dan Arab.

S.E.A Championship yang berlangsung 31 Oktober 2017 lalu digelar di Auditorium IAIN Padangsidimpuan dan dihadiri oleh tamu dan undangan. Dengan jumlah undangan kurang lebih 600 orang termasuk peserta lomba dan panitia dari FORSABI sendiri. Persiapan FORSABI dalam acara ini memang sudah matang dimana sudah sejak sehari sebelumnya semua panitia yang diketuai Prima Auliansyah mempersiapkan berbagai hal demi kelancaran dan kesuksesan acara tersebut.

Dekan FEBI IAIN Padangsidimpuan memberi sambutan dan membuka S.E.A Championship 2017 (Dok. FORSABI FEBI )

Pada acara tersebut hadir juga Dekan FEBI, Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag yang sekaligus menyampaikan sambutan dengan bahasa Arab yang dilanjutkan dengan pembukaan dengan pengucapan basmalah sebagai tanda dimulainya acara tersebut.

Di akhir acara, awarding atau pemberian penghargaan kepada para juara di masing-masing kategori lomba dilakukan oleh Dekan dan civitas akademika yang hadir. Semua juara mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat sedangkan juara pertama mendapatkan tambahan hadiah berupa buku.

Para pemenang dalam acara S.E.A Championship FORSABI 2017 (Dok. FORSABI FEBI)

Pada hari yang sama, juara lomba debat bahasa Arab Hasnan Habib Harahap akhirnya terpilih menjadi ketua FORSABI periode 2017/2018 sebagai pengganti dari ketua terdahulu yaitu Abdul Hakim. Pada kesempatan tersebut, FORSABI juga memperdengarkan lagu FORSABI yang berjudul “thank you ya FORSABI“ di depan tamu dan undangan untuk pertama kalinya diiringi dengan video perjalanan FORSABI selama setahun.

IAIN Padangsidimpuan melalui FORSABI FEBI akan terus menggaungkan semangat belajar bahasa demi meningkatkan kualitas mahasiswa dan lulusannya. IAIN Padangsidimpuan juga siap melahirkan lulusan berkualitas yang cerdas berintegritas. (ROD)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*