Fakultas Ekonomi Bisnis Islam

IAIN Padangsidimpuan

Profil Jurusan Ekonomi Syariah FEBI

PROFIL JURUSAN EKONOMI SYARIAH

es profil

A. DESKRIPSI SINGKAT
Sejalan dengan alih status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Padangsidimpuan menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan melalui Peraturan Presiden RI Nomor 52 Tahun 2013, ada 4 (empat) Fakultas di lingkungan IAIN Padangsidimpuan, yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memiliki 2 (dua) jurusan, yaitu Jurusan Perbankan Syariah dan Jurusan Ekonomi Syariah. Jurusan Ekonomi Syariah yang baru berdiri selama 2 tahun terus berbenah dan mengembangkan jurusan dengan berbagai langkah strategis baik dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Langkah yang dilakukan antara lain seminar dan lokakarya kurikulum, peningkatan mutu pengajaran, peningkatan profesionalitas dosen dan juga kerjasama dengan berbagai instansi terkait.

B. LANDASAN YURIDIS
1) Undang-undang RI No. 12 tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi
2) Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ;
3) Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
4) Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
5) Peraturan Presiden RI Nomor 52 Tahun 2013 Tentang Perubahan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Padangsidimpuan menjadi Institut  Agama Islam Negeri Padangsidimpuan;
6) Keputusan Menteri Agama (PMA) No. 394 Tahun 2003 tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi Agama;
7) Keputusan Menteri Agama No. 353 Tahun 2004 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Agama Islam;
8) Keputusan Menteri Agama No. 387 Tahun 2004 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembukaan Program Studi pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri.

C. VISI, MISI DAN TUJUAN JURUSAN EKONOMI SYARI’AH
1. Visi
Menjadi pusat penyelenggara program studi Ekonomi Syariah yang integratif dan berbasis riset untuk menghasilkan lulusan yang profesional berwawasan ilmu-ilmu ekonomi syariah, berjiwa entrepreneur, memiliki akhlaqul karimah dan memiliki kearifan lokal yang inter-konektif bagi tercapainya kesejahteraan umat manusia
2. Misi
a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu-ilmu ekonomi syariah yang unggul dan integrative, serta professional.
b. Mengembangkan ilmu pengetahuan, riset dan teknologi untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dengan pendekatan ilmu ekonomi syariah
c. Mengembangkan nilai-nilai keislaman dan budaya luhur dalam memberikan keteladanan dan pemberdayaan masyarakat:
d. Menjalankan tatakelola program studi berdasarkan prinsip-prinsip manajemen yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel;
e. Meningkatkan peran serta dalam pengembangan praktek ekonomi syariah ditengah masyarakat

3. Tujuan
a. Menghasilkan sarjana di bidang Ekonomi Syari’ah yang menguasai ilmu-ilmu Ekonomi Syari’ah, manajemen bisnis syariah serta akuntansi dan keuangan syariah sekaligus cakap mengaplikasikannya baik di tengah-tengah masyarakat, lembaga pemerintah maupun swasta secara amanah, profesional, kreatif dan inovatif.
b. Menghasilkan Sarjana Ekonomi Syari’ah dibidang ilmu-ilmu Ekonomi Syari’ah, manajemen bisnis syariah serta akuntansi dan keuangan syariah yang mampu melaksanakan penelitian dan menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan Ekonomi Syari’ah.
c. Menghasilkan Sarjana Ekonomi Syari’ah dibidang ilmu-ilmu Ekonomi Syari’ah, manajemen bisnis syariah serta akuntansi dan keuangan syariah yang memiliki keunggulan kompetitif, komparatif, serta mampu bersaing ditingkat nasional dan global.
d. Menghasilkan Sarjana Ekonomi Syari’ah dibidang ilmu-ilmu Ekonomi Syari’ah, manajemen bisnis syariah serta akuntansi dan keuangan syariah yang mampu menjadi pengabdi masyarakat yang mandiri, praktisi ekonomi syariah yang bermoral, berbudi pekerti dan mempunyai integritas yang tinggi terhadap pengembangan ekonomi syari’ah ditengah masyarakat.
e. Membangun jaringan yang kokoh dan fungsional dengan para alumni.

4. Sasaran dan target capaian

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*