Fakultas Ekonomi Bisnis Islam

IAIN Padangsidimpuan

Dua Kegiatan Unggulan FEBI Ini Harus Diacungi Jempol

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Padangsidimpuan patut berbangga. Alhamdulillah, terbentuknya dua kegiatan baru di FEBI sejak 1 tahun yang lalu cukup banyak membawa dampak positif bagi seluruh civitas akademika dan diharapkan dapat membawa harum nama IAIN Padangsidimpuan.

FORSABI atau Forum Bahasa FEBI adalah kegiatan unggulan pertama yang dibentuk oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan, Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag sebagai wujud dan tindak lanjut belajar bahasa Arab dan Inggris pada mahasiswa tingkat 1 yang dicanangkan oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL. Tidak menunggu lama setelah Rektor menyampaikan harapannya untuk menindaklanjuti hal tersebut. FEBI adalah satu-satunya fakultas di IAIN Padangsidimpuan yang segera membentuk FORSABI. Forum bahasa tersebut adalah wadah untuk mahasiswa belajar dan memperdalam kemampuan bahasa baik Arab maupun Inggris. Sudah tahun kedua, FORSABI melaksanakan berbagai lomba baik debat, artikel, story telling, dll dalam bahasa Arab dan Inggris, yang keduanya berjalan lancar dan sangat baik.

Seminar Internasional FEBI IAIN Padangsidimpuan

Mahasiswa Antusias Mengikuti Seminar Internasional FEBI IAIN Padangsidimpuan (Dok. FEBI IAIN Padangsidimpuan)

Tahun ini, dengan menggandeng narasumber yang merupakan native speaker dari Amerika yaitu Michael Caccamise, Alumnus New Mexico State University. FORSABI dengan izin dan dukungan Rektor berhasil mengadakan semianar internasional tentang ‘The application of management and business in Era Digital‘ yang bertempat di gedung auditorium IAIN Padangsidimpuan.

Seminar Internasional FEBI IAIN Padangsidimpuan

Seminar Internasional bersama Michael Caccamise FEBI 2017 (Dok. FEBI IAIN Padangsidimpuan)

Tak lama setelah seminar internasional berbahasa Inggris dilaksanakan, FORSABI atas dukungan penuh dari Dekan FEBI juga sukses mengadakan bincang-bincang seputar ekonomi islam dalam bahasa Arab yang menghadirkan langsung narasumbernya yaitu Syaikh Hamdi Abdul Ati Muhammad Husein dari Al Azhar University.

Bincang Ekonomi Islam FEBI IAIN Padangsidimpuan

Bincang Ekonomi Islam bersama Syaikh Hamdi Abdul Ati Muhammad Husein dari Al Azhar University (Dok. FEBI IAIN Padangsidimpuan)

CSE atau Center of Student Entrepreneurship adalah kegiatan unggulan lainnya yang juga dibentuk setahun yang lalu oleh Dekan FEBI. Tujuannya adalah untuk mewadahi mahasiswa yang berminat dalam mengembangkan kemampuan berwirausahanya sehingga kelak mampu menjadi entreprenur muda yang berakhlak baik dan sukses di masyarakat. CSE juga sudah melakukan berbagai program dalam mendukung terciptanya mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneurship seperti baru-baru melaksanakan Business Plan dan Bazaar Competition. Mahasiswa terlihat antusias dan berlomba-lomba menyajikan produk terbaiknya untuk dinilai Juri (Dosen Pembina dan Ketua Pelaksana Kegiatan) dan meraih hadiah dari FEBI berupa uang dan sertifikat penghargaan.

CSE FEBI IAIN Padangsidimpuan

Dekan FEBI Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag Memberikan Sambutan pada Acara Business Plan and Bazaar Competition 2017 (Dok. FEBI IAIN Padangsidimpuan)

Hadirnya CSE di FEBI IAIN Padangsidimpuan menjadi bukti terlaksananya misi yang keempat dari FEBI yaitu ‘menanamkan jiwa enterpreneurship yang inovatif dan kreatif untuk menciptakan lapangan kerja‘.

FEBI akan terus membuat terobosan demi tercapainya visi yaitu: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Centre Of Excellence untuk menghasilkan lulusan yang profesional, entrepreneurship dan berakhlak mulia di Sumatera Tahun 2025. Sukses selalu untuk FEBI. FEBI YES! (ROD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*